Rabu, 20 Oktober 2010

KONSEP DASAR KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN)

KONSEP DASAR KTSP
(KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN)
Oleh: Akhmad Fauzan

A. Pengertian KTSP
Dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP Pasal 1, ayat 15) dikemukakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasioal yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Penyususunan KTSP dilakukan oleh satuan pendidikan dengan memperhatikan dan berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.

B. Landasan Penyususnan KTSP
KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) disusun dalam rangka memenuhi amanat yang tertuang dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. UU No 20 Tahun 2003 pasal 36 ayat 1 dan 2, menyebutkan bahwa:
1) Pengembangan kurikulum mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.
2) Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan sikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.

Dalam Penyusunan KTSP perlumi di pahami beberapa hal, diantaranya ialah sebagai berikut:
1. KTSP dikembangkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, ;potensi dan karakteristik daerah, serta sosial budaya masyarakat setempat dengan p[eserta didik.
2. Sekolah dan Komite Sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas pendidikan kabupaten/kota, dan departemen agama yang bertanggung jawab di bidang pendidikan.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk setiap program studi di perguruan tinggi dikembangkan dan ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
Secara singkat kurikulum tingkat satuan pendidikan dilandasi oleh undang-undang dan peraturan pemerintah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2004 tentang Sisdiknas.
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.
4. Permendiknas N0. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.
5. Permendiknas No. 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Permendiknas No. 22 da 23.

C. Komponen KTSP
Di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada umumnya terdiri dari:
1. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
Perumusan tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan mengacu pada tujuan umum pendidikan berikut:
a. Tujuan Pendidikan dasar adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
b. Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, keperibadian, akhlak mulia serta keterampilan hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
c. Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, keperibadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai denghan kejuruannya,
2. Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah tertuang dalam standar isi, sedangkan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Disamping itu, materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.
3. Kalender Pendidikan
Satuan pendidikan dapat menyusun kalender pendidika sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana tercantum dalam Standar Isi.
4. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pengajaran
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Berdasarkan silabus inilah guru bisa mengembangkankannya menjadi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi siswanya.

D. Karakteristik KTSP
Karakteristik KTSP bisa diketahui antara lain dari bagaimana sekolah dan satuan endidikan dapat mengoptimalkan kinerja, proses pembelajaran, pengelolaan sumber belajar, profesionalisme tenaga kependidikan, serta system penilaian. Secara garis besar karakteristik KTSP tersebut ialah sebagai berikut:
1. Pemberian otonomi luas kepada sekolah dan satuan pendidikan.
2. Partisipasi masyarakat dan orang tua yang tinggi.
3. Kepemimpinan yang demokratis dan professional
4. Tim-tim kerja yang kompak dan transparan








BAB III
KESIMPULAN


Sebagaimana yang telah dibahas dalam makalah tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa KTSP (Kurikulum Tinjgkat Satuan Pendidikan) merupakan kurikulum yang dibuat sebagai kurikulum pengembang dari kurikulum senelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Pada hakikatnya antara KBK dan KTSP intinya sama, yaitu sama-sama berbasis kompetensi, Cuma dalam KTSP diberikan sebuah kewenangan kepada masing-masing lembaga pendidikan untuk mengelolanya.
Hal ini merupakan usaha untuk bisa memeratakan pendidikan menurut kebutuhan lembaga pendidikan, peserta didik dan masyarakat masing-masing, yaitu sebagai langkah dalam pemberian otonomi daerah. Dengan adanya KTSP diharapkan lajunya roda pendidikan akan lebih terarah secara sistematis dengan tidak mengabaikan kebutuhan masyarakat. Terimakasih………….. dan semoga kualitas pendidikan kita akan tetap terus maju dan berkembang,.








DAFTARA PUSTAKA

Dwi Priyanto, Kerangka Perkuliahan dan Bahan Pembelajaran Telaah Kur. PAI di SLTP.

Khaearuddin, Mafud Junaedi, dkk, KTSP Konsep dan Implementasinya di Madrasah, Nuansa Aksara: Jogjakarta 2007.

Masnur Muslich, KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan, PT. Bumi Aksara: Jakarta 2007.

Mansur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, PT. Bumi Aksara: Jakarta 2007, Hlm: 29-32.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar